SELAMAT DATANG DI BEMO EDU

Sabtu, 14 Oktober 2017

Jaring-Jaring Kubus dan Balok, Materi Matematika Kelas 4 SD Semester 2

 Pada materi sebelumnya kita telah belajar sifat-sifat bangun ruang kubus, balok, tabung, kerucut dan bola. Miss harap kalian telah belajar dengan giat dan memahami sifat-sifat bangun ruang tersebut. Sekarang kita akan melanjutkan Materi kita  yaitu jaring-jaring kubus dan jaring-jaring Balok. Sebelum itu perlu kita ketahui apa jaring-jaring kubus dan jaring-jaring balok.

Bangun Ruang Kubus terbentuk dari bangun datar persegi dan bangun ruang balok terbentuk dari bangun datar persegi panjang. Sehingga Jaring-jaring kubus adalah gabungan dari beberapa persegi yang membentuk kubus dan jaring-jaring balok adalah gabungan dari beberapa persegi panjang yang membentuk balok. 

Menentukan Jaring-jaring Kubus

Seperti yang kita ketahui jaring-jaring kubus adalah beberapa bangun datar persegi yang digabungkan hingga membentuk kubus atau dapat kita pahami juga jaring-jaring kubus adalah kubus yang sebagian rusuk-rusuknya digunting agar menjadi suatu bangun datar yang tidak terpisah satu sama lain. Adakah bentuk jaring-jaring kubus yang lain yang berbeda? jika kalian menggunting kubus pada rusuk yang berbeda maka kalian akan membentuk jaring-jaring kubus yang berbeda pula. Perhatikan beberapa Jaring-jaring Kubus berikut ini.



Menentukan Jaring-jaring Balok

Sama juga Jaring-jaring balok adalah beberapa bangun datar persegi panjang yang digabungkan hingga membentuk balok atau dapat kita pahami juga Jaring-jaring balok adalah Balok yang sebagian rusuk-rusuknya digunting agar menjadi suatu bangun datar yang tidak terpisah satu sama lain. tentu juga terdapat jaring-jaring balok yang berbeda. Perhatikan beberapa Jaring-jaring balok berikut ini.

Nah dari beberapa contoh jaring-jaring Kubus dan Balok diatas kalian dapat mencari jaring-jaring kubus yang lain. Coba bagaimana jaring-jaring kubus dan balok yang kamu peroleh? dan kalian bandingkan dengan Jaring-jaring kubus dan balok diatas.

Demikian materi tentang jaring-jaring kubus dan balok. Semoga materi kali ini bermanfaat dan dapat dengan mudah dipahami. Pastinya tetap semangat dan tetap berlatih dan rajin belajar. 
(sumber: http://www.blogrina.web.id/)