SELAMAT DATANG DI BEMO EDU

Sabtu, 14 Oktober 2017

MENGENAL BANGUN DATAR SIMETRIS

Mengenal Bangun Datar simetris 

Apakah yang dimaksud benda yang simetris? mari kita menyelidiki benda simetris dan tidak simetris. untuk mempermudah pemahaman tentang bangun datar simetris kita akan contohkan dengan Persegi panjang dan jajargenjang. Persegi panjang adalah benda/bangun datar yang simetris karena mempunyai lipatan yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat sedangkan jajargenjang tidak atau bukan benda/bangun datar yang simetris karena tidak ada garis lipat yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat. Lihat gambar berikut.


Ciri-ciri Bangun Datar Simetris dan Tidak Simetris

Nah dari penjelasan gambar diatas mari kita mencari tahu ciri-ciri bangun datar yang simetris dan bangun datar yang tidak simetris 

Bangun yang Simetris
Perhatikan kelompok bangun-bangun yang simetris dibawah ini. 

dari kelompok bangun-bangun yang simetris diatas kita akan mengenali ciri-ciri bangun yang simetris. Bangun datar yang simetris akan dikatakan simetris jika bangun tersebut memiliki bentuk yang beraturan. 

Bangun yang tidak Simetris
Perhatikan kelompok bangun-bangun yang tidak simetris dibawah ini.
dari kelompok bangun-bangun yang tidak simetris diatas Bangun datar tersebut memiliki bentuk yang tidak beraturan atau sembarang. 

selain dari gambar diatas kita dapat mengindentifikasi suatu bangun datar simetris atau tidak simetris dengan menggunakan bantuan garis simetri atau sumbu simetri atau sering disebut garis lipat.

Menindentifikasi Bangun datar  menggunakan Garis Simetri 

Garis simetri atau sumbu simetri atau garis lipat adalah garis yang membagi bangun datar menjadi dua bagian sama besar. Kita dapat menggunakan garis simetri untuk menentukan simetris atau tidak simetris suatu bangun datar ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Bangun apa yang ingin kita ketahui kesimetrisannya, misalnya kita contohkan segitiga sama kaki       pada gambar (A) .
2. Letakkan garis simetri hingga membagi dua segitiga menjadi dua bagian yang sama pada gambar       (B).

Dari gambar diatas (B) terlihat garis a, b, c memotong segitiga  tetapi ada satu garis yang membagi segitiga tersebut menjadi dua bagian yang sama besar yaitu garis a. maka dapat kita sebutkan bahwa segitiga tersebut adalah bangun datar simetris. Jika bangun yang kita indentifikasi tidak ada satu pun garis yang membagi menjadi dua sama besar maka bangun tersebut tidak termasuk bangun datar simetris.

Pencerminan Bangun Datar

Kita telah mempelajari bagaimana menentukan bangun datar simetri, tidak simetri dengan menggunakan sumbu simetri. Sumbu simetri suatu bangun datar sama dengan sebuah cermin yang kita letakkan pada suatu bangun.  Dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian perna bercermin ketika kita bercermin pasti terdapat bayangan kita sama persis di dalam cermin. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.


Gambar disebelah kanan dan sebelah kiri sumbu simetri adalah sama dan terbalik. Dapat kita simpulkan bahwa sifat bayangan benda yang dibentuk oleh cermin adalah sebagai berikut.

1. Bentuk dan ukuran benda sama persis dengan bayangannya.
2. Jarak benda dari cermin sama dengan jarak bayangan dari cermin.
3. Benda dan bayangan saling berkebalikan sisi baik sisi kanan, kiri,atas, bawah depan belakang sehingga dikatakan bayangan simetris dengan benda dan cermin sebagai sumbu simetri

(sumber: http://www.blogrina.web.id/)